May 29, 2008

Kisah Energi Alternatif (4)


Skema Cara Hemat BBM dengan Air Ala Djoko Sutrisno




Jakarta - Penemuan Djoko Sutrisno, warga Kelurahan Pakuncen Jl HOS Cokroaminoto No 76 Yogyakarta, tentang teknologi untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) dengan air mendapat respons dari banyak pembaca. Temuan Djoko Sutrisno ini sudah diaplikasikan di Yogya.

Teknologi ala Djoko Sutrisno ini bisa digunakan untuk sepeda motor dan mobil. Silakan lihat skema teknologi yang ditemukan Djoko Sutrisno untuk mobil dan motor. Ada perbedan sedikit skema aplikasi untuk motor dan mobil.

Mengenai teknologi temuannya, Djoko menjelaskan, air yang akan menjadi sumber energi itu dicampur dengan zat kimia berupa Kalium Hidroksida (KOH). Gas hidrogen tersebut mampu menambah oktan di bensin atau solar, sehingga menjadi lebih hemat.

"Prinsipnya air murni atau aquades ditambah KOH yang bisa dibeli di toko-toko bahan kimia dengan harga murah itu, motor bisa jalan," kata Djoko saat ditemui detikcom, Senin (26/5/2008) lalu.

Air yang yang sudah dicampur bahan tersebut kemudian dihubungkan dengan elektroda agar unsur oksigen dan hidrogen dalam air tersebut terurai. Setelah itu unsur hidrogennya yang mudah terbakar dijebak dan diambil sebagai sumber tenaga.

"Sangat sederhana sekali, logis dan ilmiah sehingga semua orang bisa memanfaatkannya. Saya tak takut temuan saya ini ditiru orang lain. Tak perlu dipatenkan agar semua orang bisa memanfaatkannya," imbuh dia.

Dengan temuannya ini, menurut Djoko, penggunaan BBM yang digunakan untuk sepeda motor atau mobil bisa hemat secara signifikan.
( bgs / asy, www.detik.com )



No comments: